BukaMall Carnival

Cara Menyemai Bibit Anggur

Cara menyemai bibit anggur yang akan saya share kali ini merupakan artikel yang terdapat dalam buku 21 Jenis Tabulampot Populer karya Rahmat P.  Sebenarnya setiap kali membeli anggur saya selalu menyisihkan biji-biji dengan maksud untuk ditanam dan dikembang biakkan.  Akan tetapi sampai sekarang belum pernah berhasil.  Mudah-mudahan dengan mengikuti teknik menyemai bibit anggur yang terdapat dalam buku ini, saya bisa berhasil membibitkan buah anggur.

Semai biji yang dimaksud disini adalah menghasilkan bibit anggur sendiri.  Langkah-langkah cara menyemai bibit anggur yang diterangkan dalam buku ini adalah sebagai berikut:

  1. Kumpulkan biji dari buah anggur yang sudah tua, lalu simpan selama seminggu di tempat sejuk dan tidak terkena cahaya matahari langsung.
  2. Rendam biji dalam air hangat yang telah diberi zat pengatur tumbuh selama semalam.  Biji yang mengapung bisa dipastikan bahwa biji tersebut telah rusak dan tidak bisa disemai.
  3.  Tanam biji tersebut di wadah semai, dengan komposisi media berupa pasir halus dan pupuk kandang.  Ada baiknya, media semai ini dicampur juga dengan insektisida dan nematisida untuk mencegah serangan penyakit.  Letakkan media semaian ini di tempat teduh atau tidak terkena cahaya matahari langsung.
  4. Lakukan penyiraman air secara rutin minimal sehari sekali.  Umumnya, benih akan mengeluarkan kecambah setelah satu minggu dipelihara.
  5. Pindahkan bibit anggur yang telah mengeluarkan setidaknya lima helai daun ke dalam polibag atau pot, dengan komposisi media yang sama dengan media semai.  Usahakan, pemindahan bibit tidak sampai ada akar terputus.
Demikian informasi yang bisa saya bagikan mengenai cara menyemai bibit anggur pada kesempatan kali ini.  Semoga bermanfaat dan mudah-mudahan anda tertarik untuk mencobanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...